Rabu, 05 Desember 2018

Faktor Yang Dapat Mengubah Kegunaan Suatu Bahan Atau Benda


Perubahan sifat-sifat benda akibat sebuah proses dapat digunakan untuk beberapa kepentingan. Dengan menggabungkan berbagai bahan, akan muncul bahan baru dengan keguanaan yang baru pula. Contohnya, jika memerlukan lem untuk merekat kertas, kamu dapat mencampur tepung kanji dan air, kemudian dipanaskan.

Wujud baru dari tepung kanji dapat kamu manfaatkan menjadi lem. Banyaknya air yang digunakan untuk bahan pembuatan lem harus disesuaikan dengan banyaknya tepung kanji. Kalo air yang digunakan terlalu banyak, maka lem yang dihasilkan akan menjadi encer. Untuk mengentalkan campuran yang encer tersebut, maka kamu harus memanaskan campuaran tersebut lebih lama lagi.

Atau contoh lainnya dimana ketika kita akan mengabungkan dua benda dari bahan kayu maka diperlikan sebuah pengikat seperti paku yang tebuat dari bahan logam. Dan untuk menancapkan paku pada kedua benda kayu yang hendak di satukan, maka kita memerluka sebuah palu untuk memukul dan mendorong paku tersebut masuk ke kedua benda kayu, selain itu ukuran paku pun harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Catatan:

  • Benda yang ada disekitar kita dapat dikelompokan sesuai sifat-sifatnya.
  • Sifat-sifat benda dapat dilihat dari wujudnya, bentuknya, kekerasannya, serta strukturnya.
  • Setiap benda memiliki sifat yang berbeda-beda, bergantung pada bahan bakunya.
  • Sifat benda akan mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses.
  • Contoh benda yang mengalami perubahan adalah lilin yang dipanaskan.

Faktor Yang Dapat Mengubah Kegunaan Suatu Bahan Atau Benda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deputri Aminah

0 komentar:

Posting Komentar