Kamis, 05 Desember 2019

Mengenal Gaya Maknet Secara Utuh


Pernahkah kamu melihat tempat pensil yang dapat menutup sendiri? Mengapa tempat pensil tersebut dapat menutup sendiri? Tempat pensil dapat menutup sendiri karena di dalam tempat pensil tersebut ada magnet. Magnet memiliki gaya yang dinamakan gaya magnet.

Lalu apakah sebenarnya magnet itu? Magnet adalah sebuah benda yang dapat menarik benda lainnyaterutama benda-benda besi. Di beberapa daerah di bumi, terdapat bijih besi yang dapat menarik besi atau logam lainnya.

Bijih besi yang seperti itu ditemukan pertama kali di kota Magnesia di Asia Kecil, kira-kira 4000 tahun lalu. Orang Yunani menamakan bijih besi tersebut magnes yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan magnet. Magnet yang di temukan di alam tanpa proses pembuatan dinamakan magnet alam.

Sekarang ini, magnet dapat dibuat dari besi, baja, atau logam lain. Magnet yang dibuat sengaja oleh manusia dinamakan magnet buatan. Magnet buatan ada yang bersifat tetap dan ada yang bersifat tidak tetap. Magnet tetap berarti sifat kemagnetannya akan terus ada, sedangkan magnet tidak tetap adalah magnet yang sifat kemagnetannya hanya sementara.

Ambillah sebah magnet dan dekatkan magnet tersebut pada sebuah jarum, maka jarum akan tertarik oleh magnet dan menempel pada magnet tersebut. Ulangi kegiatan tersebut dengan meletakan penghapus di dekat magnet, maka penghapus tidak akan tertarik oleh magnet. Mengapa hal tersebut terjadi?

Tidak semua benda dapat ditarik dengan kuat oleh magnet, benda-benda tersebut akan ditarik lemah bahkan ada yang tidak bisa di tarik oleh magnet. Benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet dinamakan benda bukan magnet atau benda non magnetik, contok plastik dan kertas. Benda-benda non magnetik tidak dapat dibuat menjadi magnet buatan.

Benda-benda yang terbuat dari besi, baja, nikel, dan kobalt dapat ditarik dengan kuat oleh magnet. Benda-benda yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet dinamakan benda magnet atau benda magnetik. Selain dapat ditarik oleh magnet, benda-benda magnet dapat pula digunakan untuk membuat magnet buatan.

Benda-benda yang ditarik kuat oleh magnet disebut ferromagnetik contohnya besi, baja, nikel. Benda-benda yang ditarik lemah oleh magnet dinamakan paramagnetik, contohnya alumunium dan platina. Sedangkan benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut diamagnetik contohnya emas, seng, dan bismut.

Mengenal Gaya Maknet Secara Utuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deputri Aminah

0 komentar:

Posting Komentar