Senin, 09 September 2019

Gaya Gravitasi Dan Kecepatan Benda Jatuh


Semua benda pempunyai gaya gravitasi terhadap benda lainnya. Semakin besar suatu benda, maka akan semakin besar pula gaya tariknya. Bumi yang sebesar ini memiliki tarikan yang jauh lebih besar, sehingga mengalahkan tarikan-tarikan kecil lainnya.

Tarikan gravitasi bumi menahan bulan pada orbitnya untuk berputar. Sedangkan, gravitasi matahari menahan bumi dan planet-planet lainnya dalam orbitnya. Gravitasi juga metahari dan berjuta-juta bintang lainnya dalam sebuah galaksi.

Gaya gravitasi bumi menarik semua benda ke bawah dan memberikan berat pada setiap benda, maka dari itu benda-benda terasa berat. Beda-benda apa pun yang berada di permukaan bumi selalu mendapatkan gaya tarik yang mengarah ke titik pusat Bumi.

Jika kamu melemparkan benda ke atas, benda tersebut akan naik keatas dengan dorongan lemparan, namun kemudian akan jatuh bebas ke bawah. Jika benda jatuh bebas, benda itu ditarik hanya oleh gaya gravitasi. Akibat gaya tarik bumi atau gravitasi, kecepatan jatuh sebuah benda bertambah 9,8 m tiap detik.

Ketika berada di bulan seorang astronot menjatuhkan palu dan bulu ayam dari ketinggian yang sama. Ternyata dua benda tersebut terjatuh dengan kecepatan yang sama. Apakah hal tersebut terjadi di Bumi?

Kejadian di Bulan tidaklah sama dengan di Bumi. Di Bumi benda jatuh di pengaruhi oleh udara yang menghambat, sedangkan dibulan tidak terdapat udara yang menghambat benda jatuh.

Apa yang terjadi bila bumi tidak ada gaya gravitasi? Tentunya kamu sudah mengetahui bahwa benda-benda di Bumi menempel pada permukaan Bumi akibat gaya tarik Bumi atau gravitasi. Oleh karena itu jika di Bumi tidak ada gaya gravitasi, maka semua benda akan melayang-layang di udara.

Pernahkah kamu melihat di televisi seorang antariksawan melayang-layang di udara? Mengapa demikian?

Astronot yang berada di luar angkasa mendapatkan pengaruh gravitasi yang kecil, apalagi kalo berada ditempat yang gravitasinya lebih kecil dari bumi. Di tempat yang gravitasinya lebih kecil dari bumi, kita akan merasa lebih ringan berada di tempat tersebut.

Catatan:
  • Setiap benda di Bumi mengalami gaya gravitasi.
  • Gravitasi bumi membuat semua benda yang dilempar akan kembali mengarah ke bumi.
  • Gaya gravitasi bumi memberikan berat ke setiap benda.
  • Gaya gravitasi bumi akan menyebabkan benda bergerak ke bawah menuju titik bumi.
  • Orang yang pertamakali menemukan teori tentang gravitasi adalah Newton.
  • Akibat gaya tarik bumi atau gravitasi, kecepatan jatuh sebuah benda bertambah sebesar 9,8m tiap detik.
  • Di bumi, benda jatuh dipengaruhi oleh udara yang menghambat.

Gaya Gravitasi Dan Kecepatan Benda Jatuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deputri Aminah

0 komentar:

Posting Komentar